Wednesday 20 March 2013

Teknologi kini menjadi sahabat pelajar



“Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat pelajar semakin mudah mengakses segala macam informasi “
 


Teknologi komputer pada zaman sekarang ini semakin canggih dan terus berkembang, kita tahu bahwa komputer bukan lagi barang mewah melainkan barang yang pokok, teknologi komputer ini memudahkan kita untuk mempermudah pekerjaan kita sekarang, maka banyak orang yang menjadikan komputer itu sebagai sahabat sehari hari,tentunya dengan mengikuti berjalannya waktu teknologi ini pun terus meningkat dari tahun ke tahun,bahkan sekarang ini komputer sangat penting bagi pelajar,

a. Pentingnya Teknologi

Teknologi Komputer termasuk hal yang penting bagi perkembangan kecerdasan pelajar, karena dari teknologi kita bisa meningkatkan kecerdasan kita, bahkan rendah atau tidaknya pengetahuan teknologi komputer mempengaruhi juga bagi mutu pendidikan suatu negara, hampir semua hal bisa dilakukan dengan komputer, seperti berkomunikasi jarak jauh pun sekarang ini bisa kita lakukan dengan teknologi komputer

b. Software komputer
Mengikuti jalannya perkembangan teknologi komputer, diikuti juga dengan perkembangan software software canggih, para pelajar banyak yang mengembangkan kreatifitasnya melalui software komputer, contohnya seperti software yang dibuat oleh pelajar indonesia yaitu software yang bernamakan “ Keliling Indonesia “ software ini memungkinkan kia bekeliling indonesia tanpa harus susah payah, software ini juga mendapatkan banyak penghargaan.

c. Menyalah gunakan teknologi

Dari segi positif komputer tentunya tidak terhindar juga dari segi negatif komputer, banyak para pelajar yang salah dalam memakai penggunaan teknologi, mereka malah menggunakan teknologi untuk hal hal negati, seperti mendownload konten konten dewasa yang ada di internet, hal ini sangat berdampak buruk bagi para pelajar.
Teknologi yang semakin maju membuat teknologi tersebut memiliki berbagai macam variasi dan tentunya semakin canggih contohnnya pihak windows akan merilis handphone yang transparan,teknologi informasi dari pihak windows akan mengeluarkan komputer touchscreen. Tentunya disambuat baik oleh kalangan masyarakat maupun pelajar
Bahkan kini semakin marak berbagai macam situs internet

     Meningkatnya perkembangan teknologi memicu perkembangan penggunaan situs jejaring sosial seperti facebook, twiter, you tube, dan sebagainya. Penggunanya pun tidak kenal usia. dari yang muda maupun yang sudah berkeluarga sekalipun. orang yang gaptek. Dengan situs jejaring sosial ini  kita bisa menjalin komunikasi dengan orang banyak. bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Selain dapat menjalin komonikasi dengan situs seperti ini kita dapat meningkatkan wawasan kita karena banyak berita – berita update atau terbaru yang dapat kita perolah dari situs tersebut. Namun setiap kelebihan atau manfaat yang diberikan oleh adanya situs jejaring sosial banyak juga kerugian yang dapat kita peroleh apabila kita tida hati – hati dalam penggunaannya.
A.   Pengaruh Situs Jejaring Sosial Terhadap Penggunanya


Jejaring sosial adalah sebutan lain terhadap web community. Jejaring sosial adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya. Bentuk kolaborasi antara lain adalah:
* saling bertukar pendapat/komentar,                                           
* mencari teman,
* saling mengirim email,
* saling memberi penilaian,
* saling bertukar file dan lain sebagainya.
Dampak Negatif 


1. Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.
2. Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.
3. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer.
4. Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.
 
Dampak Positif:
 

1.      Memperluas pergaulan. 
2. Sebagai media promosi dalam bisnis.
A.   Penyalahgunaan Situs Jejaring Sosial
     Kemudahan orang untuk menyalahgunakan situs jejaring sosial untuk berbuat kejahatan membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan situs-situs jejaring sosial untuk mencari mangsa. Sebagai contoh, kasus anak-anak dibawah umur yang hilang sejak mengenal seseorang yang jauh melalui Facebook. Semua ini karena anak-anak ini belum paham dengan motif kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. Selain karena pendidikan tentang dunia internet yang masih minim, peran serta orang tua dalam memantau anak-anaknya juga bisa menjadi pokok permasalahannya. Peran orang tua untuk engajarkan anak-anaknya tentang dunia internet dan juga bahayanya sangat diperlukan. Namun, jika orang tuanya Gaptek, tentu ini akan menjadi masalah yang cukup rumit. Pendidikan di sekolahan juga tidak pernah mengajarkan tentang bagaimana baik dan buruknya dunia internet.
     Semenjak situs jejaring sosial (seperti Facebook dan Twitter) menyedot perhatian publik. Sebagian besar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs jaringan sosial. Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook.


0 comments:

Post a Comment